SEGERA PPDB TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021 SMP ISLAM YOGYAKARTA

"IMAN ILMU AMAL TRAMPIL MANDIRI"

Senin, 30 Maret 2015

Apa Yang Harus dilakukan Menjelang UN 2015

Satu bulan ke depan tidak terasa kita akan masuk bulan Mei tahun 2015. Bagi siswa SMP kelas 9, Ujian Nasional akan dilaksanakan. Apa kamu sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi UN 2015?
Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri menjelang UN 2015 awal bulan Mei mendatang. Pertama dan Utama adalah Baca Kisi-Kisi UN 2015 (Silahkan lihat atau download di sini), Kemudian pelajari saja materi-materi dari kisi-kisi tersebut, jangan yang lain karena jelas tidak akan diujikan dalam UN.

Lakukan latihan mengerjakan soal berdasarkan kisi-kisi yang sudah ada, belajar bersama, ikut bimbel, termasuk ikut les di sekolah sebagai bagian dari ikhtiar. Selanjutnya janji pada diri sendiri bahwa akan selalu melakukan yang baik dari yang terbaik, optimis dan berpikir positif. KH. Ali Maksum menyatakan "Apa yang orang lain mampu melakukan maka engkaupun mampu pula".

Dan yang tidak kalah penting adalah doa dan perhatian dari orang tua dan guru. Ingat, Jangan meremehkan usaha dan doa dari orangtua dan guru, hormati dan muliakan mereka dan tentu saja doakan mereka. Semua itu dilakukan bila ingin lulus dan mendapatkan nilai yang bagus saat UN, "tidak hanya sekedar lulus". Ketika hasil bagus didapat, tentu dapat dengan mudah masuk SMA/MA/SMK favorit sesuai pilihanmu.

Usaha mempersiapkan diri yang paling mudah adalah dengan cara mengerjakan soal latihan, terutama soal yang diambil dari UN terdahulu. Sebab, soal-soal UN mendatang adalah tipe soal yang sudah pernah ada dalam UN tahun sebelumnya. Karakteristik soal UN memang berulang dan tidak jauh berbeda. Jadi jika sering berlatih dengan soal-soal UN terdahulu, Insya Allah, akan optimis menghadapi soal UN 2015.

Belajar dan berlatih dengan buku latihan soal, misal buku yang ada kunci jawaban dengan penjelasan yang lengkap dan mudah dipahami. Kalau mengerjakan soal matematika, pastikan terdapat rumus yang jelas dalam kunci jawabannya. Dan pastikan jaga kesehatan, istirahat yang cukup dan berkualitas. Hal ini akan memudahkan dalam memahami tipe soal-soal UN.

Perhatikan dalam berlatih mengerjakan soal dengan tenggat waktu. Karena saat mengerjakan UN, kamu membutuhkan strategi cepat dan tepat dalam menjawab soal. Hal ini disebabkan waktu yang disediakan pada saat UN dibatasi waktu. Maka rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu soal adalah sekitar 2 – 3 menit dengan alokasi waktu  yang disediakan 120 menit untuk mengerjakan 40 dan atau 50 soal.

Selanjutnya bertanya tentang prediksi soal kepada bapak ibu guru, juga cari dan lihat prediksi soal UN yang kira-kira akan keluar nanti dari buku, internet atau media lainnya. Di dalam prediksi UN biasanya akan memuat tipe soal dan tingkat kesulitannya sesuai dengan standar UN. Selain prediksi, jangan lupa untuk selalu melihat Kisi-kisi UN 2015. Sebab kisi-kisi berisi kompetensi soal beserta indikatornya. Dengan adanya kisi-kisi ini akan lebih jelas dan terarah,  lebih efektif dan efisien dalam belajar menghadapi UN tanggal 4, 5, 6, dan 7 Mei 2015 yang akan datang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer (Top Ten)

Reguler dan Boarding - Jogja Islamic School