SEGERA PPDB TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021 SMP ISLAM YOGYAKARTA

"IMAN ILMU AMAL TRAMPIL MANDIRI"

Rabu, 21 Januari 2015

Soal UN 2015 Ada 5 Tipe


Disdikpora DIY -  Pada pelaksanaan UN tahun ini memang ada beberapa perbedaan dari tahun sebelumnya, selain kelulusan 100 persen ditentukan oleh sekolah, kebijakan lainnya adalah tipe soal UN yang ada, tahun sebelumnya UN dibuat ada 20 tipe soal, namun ditahun ini hanya akan ada 5 tipe soal. Kebijakan ini diambil mengingat pengkoreksian 20 tipe soal lebih sulit, meskipun dengan adanya 20 tipe soal lebih memperkecil tingkat kecurangan, namun dengan kebijakan hanya ada 5 tipe soal ini keamanan soal akan tetap seketat tahun tahun sebelumnya agar tidak ada kebocoran soal.

Kebijakan selanjutnya mengenai pencetakan dan penggandaan soal–soal UN diserahkan pada daerah masing – masing, meskipun untuk jenjang SMP dan SMA/SMK soal tetap dibuat dari pusat . Agar memudahkan koordinasi, pada tahun ini Disdikpora DIY dan Jawa Tengah telah sepakat pencetakan soal UN dijadikan satu, harapannya dengan cara ini keamanan, keefektifan, dan ketepatan waktu lebih terjaga, sehingga tidak akan ada keterlambatan soal seperti yang pernah terjadi dibeberapa wilayah di luar DIY. Meski demikian, Disdikpora tetap akan melakukan koordinasi dengan stakeholders terkait untuk mengamankan soal UN.
“Meskipun kelulusan UN 100% ditentukan oleh sekolah dan Soal UN hanya 5 tipe, saya minta sekolah dan siswa tetap mengedepankan kejujuran. Karena sebagus apapun nilai yang diperoleh tanpa dilandasi kejujuran tidak akan banyak berarti.” Ujar Kepala Disdikpora DIY Drs K Baskara Aji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer (Top Ten)

Reguler dan Boarding - Jogja Islamic School