SEGERA PPDB TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021 SMP ISLAM YOGYAKARTA

"IMAN ILMU AMAL TRAMPIL MANDIRI"

Sabtu, 08 Februari 2014

DIY : USBN Bersama "Pendidikan Agama "

Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama (USBN-PA) tahun pelajaran 2013/2014 tingkat DIY akan dilaksanakan serentak pada hari pertama ujian sekolah di SD, SMP maupun SMA/SMK. Seluruh peserta ujian diperkirakan ada sekitar 104.690 siswa.

''Kami sudah  koordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY. Sehingga tahun ini ujian agama bisa dilaksanakan bersamaan untuk semua sekolah negeri maupun swasta,'' kata Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, Bardan pada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (6/2).

Tahun lalu penjadwalan USBN-PA terkendala di lapangan, karena di lapangan sekolah sudah menjadwalkan untuk ujian agama sekolah. Sehingga  sekolah yang menyelenggarakan ujian agama dua kali yakni ujian sekolah an USBN-PA, kata dia.

''Karena itu tahun ini kami melakukan koordinasi dengan kepala Disdikpora DIY supaya USBN-PA bisa dilaksanakan serentak. Sehingga sekolah hanya menyelenggarakan sekali ujian sekolah,''tuturnya.

Soal untuk USBN-PA ini sekitar 75 persen dibuat oleh tim daerah dan 25 persen dibuat tim nasional. Pelaksanaan USBN-PA untuk jenjang SMA/SMK tanggal 17 Maret 2014, SMP tanggal 24 Maret dan SD tanggal 22 Mei 2014.

Sementara jumlah peserta USBN-PA siswa SD sebanya 39.901 siswa, SMP sebanyak 33.249 siswa, SMA sebanyak 12.996 siswa dan SMK sebanyak  18.544 siswa. Untuk soal SD ada satu tipe, sedangkan soal SMP, SMA dan SMK masing-masing ada dua tipe.

Selanjutnya Ketua II USBN-PA DIY Ahmad Khamim mengakui tidak semua SD, SMP dan SMA/SMK mengikuti USBN-PA. Sekolah yang tidak ikut serta dalam USBN-PA adalah semua sekolah Muhammadiyah dan sekolah Katolik yang di bawah Yayasan.

''Hal itu tidak masalah karena masing-masing sekolah mempunyai kebijakan sendiri. Namun bagi siswa beragama katolik yang di sekolah negeri tetap ikut USBN-PA,'' kata  dia.

Untuk membedakan soal agama untuk masing-masing agama ada kodenya yakni untuk Pendidikan Agama Islam kodenya A, Pendidikan Agama Katolik kodenya B, Pendidikan Agama Hindu kodenya D, Pendidikan Agama Budha kodenya E.

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/14/02/06/n0ki4v-usbn-pendidikan-agama-akan-dilakukan-secara-serentak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer (Top Ten)

Reguler dan Boarding - Jogja Islamic School