SEGERA PPDB TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021 SMP ISLAM YOGYAKARTA

"IMAN ILMU AMAL TRAMPIL MANDIRI"

Sabtu, 07 Februari 2015

Ralat Jadwal UN SMP 2015 : 4 - 7 Mei 2015

Jadwal pelaksanaan Ujian Nasional SMP tahun pelajaran 2014/2015 akan dilaksanakan pada 4 - 7 Mei 2015, sebagai ralat atas penjelasan tentang UN 2015 sebelumnya pada bulan Januari lalu, karena ujian nasional untuk SMP dan sederajat terdiri dari 4 mata pelajaran yaitu : Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, dan Bahasa Inggris. "Hasil UN tidak akan menjadi penentu kelulusan, melainkan hanya sebagai pemetaan pendidikan Indonesia." sedangkan Pengumuman hasil UN SMP : 10 Juni 2015

UN tahun ini tidak lagi digunakan sebagai penentu kelulusan siswa. Kewenangan ini sepenuhnya diserahkan kepada sekolah. Otonomi penetapan kelulusan siswa menjadi hak sekolah karena selama tiga tahun menempuh pendidikan, guru mengamati dan menilai seluruh kompetensi siswa. Dari sanalah guru kemudian dapat menetapkan apakah siswa tersebut pantas lulus atau belum.

Meskipun sekolah yang sepenuhnya menentukan kelulusan siswa, namun Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menetapkan nilai standar minimal kelulusan yang harus diacu oleh sekolah. Untuk dinyatakan lulus, siswa setidaknya memenuhi nilai 5,5 untuk setiap mata pelajaran dan rata-rata minimal 5,5. Ketentuan ini dituangkan dalam prosedur operasi standar (POS) yang disusun oleh BSNP.

“Nilai akhir itu ditetapkan dari gabungan antara nilai rapor dan nilai ujian sekolah. Nilai inilah yang menjadi syarat kelulusan siswa.”

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer (Top Ten)

Reguler dan Boarding - Jogja Islamic School